Memberikan informasi seputar dunia kesehatan

Pantangan Asam Urat dan Cara Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena tingginya kandungan kadar asam terbelingut dalam darah akibat gelaran metabolisme protein purin. Normalnya, Nilai asam urat kira wanita 2, 4 - 6, untuk pria 3, 0 - 7. Memilikinya peningkatan asam urat resam lainnya yaitu Terdapat hablur urat yang khas di cairan sendi, Terdapat tofus yang telah dibuktikan dengan pengamatan kimia, Terjadi lebih mulai satu kali serangan nyeri di persendian, 

Penyakit asam urat disebabkan karena tingginya kandungan kadar asam terbelingut dalam darah akibat gelaran metabolisme protein purin.

Adanya hantaman di satu sendi, paling utama sendi ibu jari penumpu Sendi tampak kemerahan, Memilikinya pembengkakan tidak simetris pada satu sendi, Tidak adanya bakteri saat terjadi gempuran dan peradangan. Gejala asam urat biasanya ditandai secara Kesemutan dan linu, Sakit terutama malam hari atau pagi hari saat komposisi tidur, Sendi yang tertumbuk asam urat terlihat benjol, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam & pagi.

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada bebrapa tindakan yang harus dilakukan, seperti :
  • Menghindari makanan pantangan asam urat yang dapat meningkatkan asam urat, seperti Jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), Hindari Persembahan laut: udang, kerang, cumi, kepiting. Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak uci-uci, Telur, Kaldu atau kuah daging yang begitu kental dari santan atau kari. hindari juga makanan camilan emping, melinjo, kangkung dan bayam, Insang Singkong, Daun Jambu Mete, Akar parsi, Buncis dan Kembang bunga Kol. Hindari kacang-kacangan: Kacang Tanah, Kacang Kedelai, Kacang Hijau, Tempe, Tauco-, Tauge, Oncom-, Susu Kedelai.
  • Menghindari makan ekses durian, alpukat, nanas, air kelapa
  • Hindari Minuman serta makanan beralkohol
  • Pada manusia gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya terbatas. Maka untuk keamanan, orang-orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  • Banyak minum air putih, karena Dengan penuh minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Solusi penyakit asam urat

Dalam Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat alami asam urat anti nyeri sendi akibat asam terkiuk. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengeluarkan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.

Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit rukun. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan unsur antithrombogenik pelancar peredaran resam yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.

Studi Dr Mittchell Kurk daripada Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menyibakkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan enceran sinovial untuk lubrikasi pertalian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Penderitaan, Jawa Timur, satwa anak buah famili Holothuriidae itu berisi asam lemak 12-MTA sandi asma metthyltetradecanoic acid.

Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga kian aktif memecah asam terbelingut menjadi allantoin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pantangan Asam Urat dan Cara Mengobati Asam Urat

0 komentar:

Posting Komentar