Memberikan informasi seputar dunia kesehatan

Waspadai Gejala Demam Berdarah di Musim Penghujan

Penyakit demam berdarah dengue mengenai seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Awal timbulnya demam berdarah dengue seperti halnya penyakit lainnya,  demam tiphoid, radang tenggorokan ataupun campak. Gejala yang jelas membedakan antara demam berdarah dengue dengan penyakit lainnya adalah sebagai berikut:
  • Demam
  • Lesu
  • Nyeri Perut
  • Tanda Perdarahan

Gejala Lanjutan Demam Berdarah Dengue

Gejala demam berdarah dengue terjadi pada hari ke 3-5. Saat ini merupakan saat-saat kritis dan berbahaya bagi penderita demam berdarah dengue. Suhu badan turun sampai mendekati normal seolah-olah penderita telah sembuh.  

Penyakit demam berdarah dengue mengenai seseorang melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Awal timbulnya demam berdarah dengue seperti halnya penyakit lainnya,

Namun jika suhu turun namun penderita nampak semakin lemah, mengantuk, nafsu makan menurun serta disertai nyeri perut; adalah awal terjadinya syok yang merupakan keadaan yang sangat berbahaya dalam fase penyakit demam berdarah dengue.

Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah Dengue

Penderita yang mengalami demam tinggi akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Dalam kondisi demam, cairan akan menguap lebih banyak dibanding kondisi biasa. Apalagi jika disertai muntah. Untuk mengembalikan cairan tubuh tersebut adalah dengan memberikan minum sebanyak-banyaknya untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Untuk membantu menurunkan demam boleh juga diberikan obat turun panas yang berasal dari golongan parasetamol atau asetaminophen. Jangan menggunakan obat penurun panas dari jenis asetosal atau aspirin. Kompres hangat boleh juga dilakukan jika demam sangat tinggi. Hindari kompres dingin.

Jika penderita menunjukkan tanda-tanda positif terjangkit demam berdarah dengue harus segera dibawa ke rumah sakit. Jangan lupa, pada saat sampai di rumah sakit harus diinformasikan kepada petugas rumah sakit bahwa yang bersangkutan diduga terjangkit demam berdarah dengue agar mendapat pertolongan yang tepat sasaran.

Jika salah seorang anggota keluarga terjangkit sakit demam berdarah dengue, dikhawatirkan penyakit itu akan menular kepada anggota keluarga yang lain. Untuk itu sangat disarankan bagi anggota keluarga yang lain untuk segera memeriksakan diri mengetahui sudah tertular atau tidak. Di samping itu diperlukan pemeriksaan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk sangat diperlukan untuk memutus siklus penyebaran penyakit demam berdarah dengue.

Sumber dapat anda baca selengkapnya disini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspadai Gejala Demam Berdarah di Musim Penghujan

0 komentar:

Posting Komentar